.

Selasa, 21 Februari 2012

Troubleshooting Android Froyo 2.2: Mengatasi Masalah Instalasi dari Android Market

Android Market merupakan tempat khusus bagi para pengguna Android untuk mencari aplikasi. Di toko online tersebut, para pengguna dapat menemukan banyak aplikasi gratis. Banyaknya aplikasi yang menarik dan gratis tentunya membuat para pengguna sering mengunjungi Android Market. Sayangnya, para pengguna tidak bisa terlalu banyak menginstal aplikasi karena pada awalnya pengguna hanya bisa melakukan hal tersebut di handsetnya saja. Pengguna tidak bisa menginstal aplikasi di SD Card. Namun, masalah tersebut sudah terselesaikan di Android 2.2 atau Froyo.
Feature terbaru yang dijelaskan di atas ternyata belum sempurna. Biasanya, jika Anda menemukan sebuah aplikasi atau game yang diinginkan di Android Market, Anda tinggal menekan soft button download. Aplikasi akan langsung diinstal di handset. Beda ceritanya dengan Froyo. Saat aplikasi selesai di-download, instalasi dapat langsung diarahkan ke SD Card. Sayangnya, hal tersebut sering mengalami kegagalan! Download aplikasi tersebut tentunya akan menjadi sia-sia . Selain itu, Anda juga tidak dapat masuk ke menu aplikasi karena Android Market akan mengeluarkan notifikasi yang menyatakan aplikasi tersebut tidak ditemukan! Membuat Anda frustrasi?
Apa penyebab masalah ini? Usut punya usut, ternyata masalah ini dapat terjadi karena beberapa aplikasi memaksa untuk meng-install aplikasi langsung ke SD Card. Saat hal tersebut terjadi, seringkali perangkat Android sedang memiliki masalah dengan mounting SD Card-nya, walaupun masih dapat dibaca dengan baik.
Apakah dengan me-restart perangkat Android 2.2.x, Anda mampu menyelesaikan masalah? Ternyata jawabannya adalah belum tentu. Salah satu cara termudah untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menekan factory reset. Namun, apabila Anda menekan tombol tersebut, beberapa data penting Anda akan hilang. Ada cara yang lebih mudah untuk menyelesaikan kasus ini. Sebelum men-download aplikasi yang Anda inginkan, keluarkan dulu SD Card dari slot-nya. Anda juga bisa menekan perintah Unmount di bagian setting. Setelah berhasil menginstal aplikasi di handset, Anda dapat melakukan perpindahan aplikasi ke SD Card secara manual melalui Settings>Applications>Manage Applications, klik aplikasi yang baru Anda instal, dan akhiri dengan mengklik Move to SD.
Memiliki masalah seperti kasus di atas? Silahkan gunakan tips ini untuk menyelesaikannya. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima kasih yg telah berkunjung ke blog w ... jangan lupa follow dan tinggalkan jejak anda ... ^_^