.

Minggu, 19 Februari 2012

Tips Merawat dan Membersihkan Layar LCD Laptop

Pada tulisan terdahulu saya sudah memberikan tips merawat baterai laptopanda, dan pada posting kali ini saya ingin memberikan tips merawat dan membersihkan layar LCD laptop anda, informasi ini seperti biasa saya searching di google sebagai referensi dan beberapa pengalaman pribadi sebagai teknisi dan pengguna laptop, hehe...

Tidak seperti monitor pada umumnya yang biasa dipakai di PC jadul kesayangan anda, layar laptop atau layar LCD memang membutuhkan perhatian dan perawatan yang ekstra, agar aman, sehat dan tidak bermasalah.

Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda manfaatkan untuk merawat layar laptop anda:
  1. Selalu tutup laptop Anda jika tidak sedang digunakan. Jika perlu gunakan penutup anti debu dari plastik atau simpan dalam tas notebook.
  2. Jangan pernah menyentuh layar laptop anda, apalagi dengan benda tajam.
  3. Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar notebook.
  4. Saat laptop tertutup usahakan laptop tidak mengalami tekanan. Terutama jangan letakkan benda-benda berat di atas laptop yang tertutup. pengalaman pribadi pada laptop pertama saya, karena tertekan saat diperjalanan, pas dinyalakan LCD rusak, tampak seperti berlubang.
  5. Kadang kita lupa menaruh flashdisk, bulpoin diatas keyboard so... Jangan sekali-kali anda menutup laptop saat ada benda tertentu antara layar dan keyboard. (terus kalau lupa gimana? ya berdoa saja semoga gak rusak, kalau rusak ya bawa aja ke tempat service, hehe...)
  6. Jangan menutup laptop dengan cara membanting. nah ini kalau laptop jadul, lemot, atau kena virus kadang kita jadi jengkel, karena jengkelnya nutup laptop pakai dibanting segala kaya nutup pintu rumah. kasusss....
  7. Untuk membersihkan layar notebook, gunakan sikat lembut yang memang dirancang untuk membersihkan layar LCD dari debu. biasanya saya gunakan kwas lembut atau kain yang super lembut dan menyerap untuk mengelap LCD jangan lupa basahi dengan cairan pembersih. Ingat! Jangan gunakan cairan pembersih yang mengandung amoniak atau alkohol. Semprotkan cairan pembersih pada kain dan usap layar perlahan-lahan saat membersihkan. yang lembut dan mesra ya..?
  8. Cairan pembersih untuk layar notebook disarankan menggunakan jenis pembersih yang sama dengan yang digunakan untuk layar kamera digital. Cairan ini biasanya bisa didapatkan di toko penjual perlengkapan kamera.
  9. Setelah bersih layar LCD nya saya sarankan beri LCD Protector.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima kasih yg telah berkunjung ke blog w ... jangan lupa follow dan tinggalkan jejak anda ... ^_^