.

Selasa, 21 Februari 2012

Hacker Mulai Beralih dari Windows OS

Windows OS selama ini memang menyandang predikat yang tidak terlalu baik jika kita membicarakan masalah keamanan dibandingkan sistem operasi yang lain. Paling rentan diserang dan seringkali menjadi fokus utama penyerangan para peretas menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Windows. Namun seiring dengan perkembangan sistem operasi yang mulai bervariasi dan menginvasi banyak perangkat, dari tablet hingga smartphones, tren ini mulai berubah. Microsoft mungkin akan memiliki sedikit ruang untuk setidaknya bernapas.
Dalam laporan tahun Cisco untuk masalah keamanan yang terjadi selama tahun 2010, sebuah kesimpulan diambil. Terlihat kecenderungan peretas yang mulai tidak berfokus lagi pada sistem operasi Windows untuk komputer. Sebagian besar peretas kini menjadikan perangkat-perangkat seperti tablet, smartphones, dan sistem operasi mobile sebagai target sasaran utama. Yang berarti, Android dan iOS akan menjadi “sedikit” tidak aman di masa yang akan datang.
Laporan yang dirilis tersebut juga memperlihatkan angka spam yang menurun dibandingkan tahun sebelumnya, pertama kalinya terjadi dalam sejarah. Tren lain yang terlihat adalah aktivitas Money Muling yang semakin gencar dilakukan oleh para penjahat cyber ini. Money Muling sendiri merupakan kegiatan dimana para penjahat cyber mulai merekrut para pekerja rumah untuk membuat akun-akun bank yang dapat digunakan untuk melakukan money laundring atau pencucian uang. Cisco sendiri melihat bahwa tahun 2011 akan menjadi tahun dimana para peretas akan gencar menginvestasikan uang mereka untuk kegiatan ini.
Walaupun ada kecenderungan jumlah serangan yang menurun untuk Windows OS, namun bukan berarti mereka yang familiar dengan sistem ini bisa duduk tenang tanpa melakukan langkah preventif apapun. Dengan triliunan email spam yang bertebaran di dunia maya dengan ratusan juta diantaranya memuat virus-virus yang mematikan, sistem operasi buatan Microsoft tersebut masih merupakan yang paling rentan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima kasih yg telah berkunjung ke blog w ... jangan lupa follow dan tinggalkan jejak anda ... ^_^